Studi Ungkap Seks Bebas Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental

Last updated on: Published by: Keith Walker 0

Suara. com porakporanda Perilaku seks selamat bukan hanya berisiko penularan aib kelamin. Tetapi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Seks bebas juga umum terjadi pada hubungan asmara tanpa komitmen.  

Peneliti Kinsey Institute Justin Garcia dan timnya dari Binghamton University memberikan beberapa risiko dari seks manasuka yang diketahui umum seperti tertular Penyakit Menular Seks (PMS) pula kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain tersebut, jika anak muda tidak cukup dididik tentang seks, dapat membuahkan pemerkosaan dan tindakan yang merusak kesehatan mental.  

Seks dalam ikatan tanpa komitmen sering kali dikaitkan dengan rasa malu dan kurangnya harga diri. Banyak yang menyesali dan merasa malu atas perbuatannya sementara yang lain membanggakan penerimaan ini.  

Membaca Juga: Meski Mirip, Begini Bedanya Serangan Kepanikan serta Kecemasan

Ilustrasi hubungan seks di tempat gelap. (Shutterstock)

Dikutip sebab Times of India, penelitian sudah menemukan bahwa wanita merasa bertambah sulit untuk melakukan hubungan seks tanpa komitmen. Sebagian besar bangsa masih percaya bahwa wanita harus tetap perawan sebelum menikah. Tatkala tidak masalah bagi pria buat membanggakan kebiasaan seks bebas tanpa ikatan.  

Bias standar ganda tersebut telah menimbulkan banyak spekulasi & teori bahwa perbedaan biologis & sosial budaya saling terkait. Adam secara biologis lebih besar & dimuliakan oleh masyarakat sementara perempuan sering dipandang rendah.

Tim peneliti Garcia meninjau kembali bahwa hubungan dengan perlahan menghancurkan kondisi pikiran orang. Pertama, mereka mulai mempertanyakan apakah melakukan hubungan seks di sungguh nikah tindakan etis. Mereka ngerasa seperti telah melanggar standar privat.

Kira-kira merasa malu, diliputi rasa bersalah dan memiliki masalah harga diri yang rendah. Tekanan dari jodoh sering berpengaruh dalam menempatkan ketidaknyamanan pada pikiran.

Penelitian juga menunjukkan kalau orang merasa tertekan dan kesepian setelah melakukan hubungan seks tanpa komitmen daripada sebelumnya.  

Baca Juga: Meghan Markle Jadi Korban Kekerasan Sejak Menikah Dengan Pangeran Harry

Related posts