Penyaluran Konten Intim Non Konsensual Meningkat 400 Persen Selama Pandemi

Last updated on: Published by: Keith Walker 0

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Angka kekerasan berbasis gender online (KBGO) ternyata meningkat drastis sepanjang pandemi Covid-19. Dari semua jenis KBGO, penyebaran konten intim tanpa persetujuan menyimpan angka tertinggi.

Bahkan, Kasubdiv Digital Aat-RIsk SAFEnet, Ellen Kusuma mengatakan kasus penyebaran konten intim meningkat nyaris 400 persen.

“Berdasarkan aduan terkait wujud NCII(penyebaran konten intim non konsensual) yang masuk ke SAFEnet sepanjang Maret – Juni 2020 mencapai 169 kasus, ini meningkat dipadankan aduan 2019 sebanyak 45 perlawanan, ” kata Ellen, dalam Webinar Online Gender Based Violence During Covid-19 Pandemic, Rabu, (16/12/2020).

Ellen mengungkapkan bahwa aduan KBGO meningkat selama pandemi Covid-19 terjadi karena sebanyak faktor. Pertama ialah intensitas penggunaan platform digital yang juga meningkat, terlebih di masa pandemi.

Baca Juga: Dapat Ancaman Foto atau Video Pribadi Akan Disebar? Segera Kerjakan Ini!

Ilustrasi korban penyebaran konten intim.   (Pixabay)

“Kemudian, belum ada contoh kuat di publik bahwa pelaku KBGO mendapat azab yang setimpal. Hal yang tampak bahwa korban mudah dikriminalisasi, ” kata Ellen.

Selanjutnya, Ellen mengatakan bahwa kian hari makin banyak bagian yang mengangkat isu ini. Jadi publik jadi semakin teredukasi. Dia juga mengatakan bahwa informasi askes aduan meluas, sehingga membantu para-para korban untuk melaporkan kasusnya, ” ujar Ellen.

Namun demikian, Ellen juga mengatakan bahwa dalam hal KBGO masih juga banyak tantangan terutama bagi korban. Salah satunya karena lembaga rujukan digital security dengan masih terbatas.

“Kemudian juga potensi pendamping untuk dikriminalisasi karena menyimpan bahan bukti, ” kata dia.

Lebih jauh, Ellen juga mengatakan bahwa pemberitahuan media rentan menjadi monetisasi. Banyak media melakukan normalisasi terhadap situasi korban dan menambah jejak digital korban.

Baca Juga: Cegah HP Diretas, Ini 8 Tips Melindungi Privasi di Medsos dan Aplikasi Chat

Related posts