Penerapan Belajar Online Jadi Solusi Siswa Lulus SBMPTN Saat Pandemi

Last updated on: Published by: Keith Walker 0

Suara. com – Tingkat antusias siswa-siswi buat masuk ke Perguruan Tinggi Kampung selama pandemi Covid-19 masih tetap meningkat. Hal ini dilihat daripada angka kelulusan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebesar 23. 87 persen.

Ketua Lembaga Tes Masuk Madrasah Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengutarakan, jumlah pendaftar UTBK SBMPTN tahun ini sebanyak 702. 420 peserta dan dinyatakan lulus SBMPTN 167. 653 peserta.

“Kelulusan siswa yang diterima di PTN tahun ini meningkat lantaran angka 21. 45% tahun 2019 menjadi 23. 87% di tarikh 2020, ini membuktikan pandemi tidak penghalang, ” ujar Nasih dalam keterangannya pada rilis yang diterima Suara. com, Rabu (14/10/2020).

Terkait situasi pandemi, banyak juga aplikasi bersekolah online yang menyediakan soal-soal teguran SBMPTN dan ini menjadi solusi terkini, mengingat siswa dan siswi hanya dianjurkan belajar di vila saja.

Baca Selalu: Gubernur Sutarmidji Mengambil Semua Sekolah di Kalbar Kembali Ditutup!

Salah satu penyedia permintaan belajar online, Quipper misalnya, perdana saja melakukan survei kepada semesta pengguna khususnya siswa Kelas 12 guna mengetahui pencapaian tujuan belajar mereka, khususnya tingkat kelulusan itu ke PTN.

Tim internal Quipper melihat terjadinya peningkatan aktivitas di di dalam platform belajar Quipper pada Mei-Juli 2020. Peningkatan aktivitas mereka mengabulkan aktivitas menjawab latihan soal sejumlah 79% dan menonton video soal sebesar 24%.

Tren yang sama pula terlihat pada layanan Quipper Gambar Masterclass yang memiliki fitur interaktif dimana siswa dapat bertanya tepat kepada Tutor dan Coach khusus yang menemani proses belajar mereka selama mempersiapkan UTBK.

Business Development Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari mengucapkan siswa yang menggunakan layanan Masterclass ini terbukti dua kali ganda lebih aktif dibandingkan siswa dengan menggunakan layanan Quipper Video reguler selama masa persiapan ujian.

“Pada servis Quipper Video Masterclass terdapat keaktifan siswa bertanya melalui chat pada Tutor setiap minggunya sebesar 40%, dan mata pelajaran yang memutar banyak ditanyakan adalah Matematika dan Bahasa Inggris, ” kata Indah.

Baca Juga: SDN Murung Sari 5 Jadi Sekolah Protokol COVID-19 di Hulu Sungai Utara

Dia beriktikad bahwa persiapan ujian secara online dapat menjadi salah satu alternatif dengan efektif. Namun, perlu ditekankan serupa usaha dan waktu yang perlu dialokasikan oleh siswa dalam belajar online demi mencapai prestasi akademik para siswa.

Related posts