Kala Dianggap Sama, Ini Beda Keadaan ibu dengan Mothers Day

Last updated on: Published by: Keith Walker 0

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Keadaan Ibu di Indonesia. Banyak klub yang mengucapkan dan merayakan hari tersebut dengan memberi ibu suatu hadiah.

Tidak jarang juga masyarakat yang mengucapkan Hari Ibu dengan istilah Happy Mothers Day, seperti layaknya peringatan di Amerika Serikat. Akan tetapi, yang tidak banyak diketahui, bahwa sejarah peringatan Hari Ibu di Indonesia jauh berbeda dengan perayaan Mothers Day di Amerika Serikat atau negara lainnya.

Dilansir dari History, Dalam Amerika Serikat, Mothers Day 2021 akan jatuh pada hari Minggu, 9 Mei. Asal usul Mothers Day di Amerika diciptakan sebab Anna Jarvis pada tahun 1908.

Mothers Day di Amerika resmi dimulai pada tahun 1900-an sebagai buatan dari upaya Anna Jarvis, ananda Ann Reeves Jarvis. Setelah maut ibunya pada tahun 1905, Anna Jarvis memahami Mothers Day jadi cara untuk menghormati pengorbanan dengan dilakukan ibu untuk anak-anak itu.

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari Ibu yang Diperingati 22 Desember 2020

Ini tujuh Ide Kado Untuk Hari Pokok (shutterstock)

Setelah mendapatkan dukungan finansial dari pemilik department store Philadelphia bernama John Wanamaker, pada Mei 1908 dia menyelenggarakan perayaan Mothers Day formal pertama di sebuah gereja Metodis di Grafton, Virginia Barat.

Pada tarikh 1912, banyak negara bagian, tanah air, dan gereja telah mengadopsi Mothers Day sebagai hari libur tahunan, dan Jarvis telah mendirikan Aliansi Internasional Hari Ibu untuk membangun mempromosikan tujuannya.

Kegigihannya terbayar pada tahun 1914 ketika Presiden Woodrow Wilson menandatangani undang-undang yang secara resmi menetapkan hari Minggu kedua pada bulan Mei sebagai Mothers Day.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Kongres Wanita Indonesia, Hari Ibu dalam Indonesia sendiri bisa dilacak pokok usulnya Kongres Perempoean Indonesia dengan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Semangat kongres muncul setelah sebelumnya digelar Kongres Pemoeda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Baca Juga: TP PKK Sumut Gelar Rapid Test dan Swab Percuma untuk Perempuan

Kala itu tema pokok Kongres adalah menggalang persekutuan dan kesatuan antara organisasi rani di Indonesia yang pada waktu itu masih bergerak sendiri-sendiri.

Related posts