5 Kuliner di Purwokerto, Bahannya Mudah Tapi Wajib Dicoba

Last updated on: Published by: Keith Walker 0

–>

Suara. com kepala Simak rekomendasi 5 kuliner di Purwokerto yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke daerah dengan julukan kota kripik ini.

Kota Purwokerto merupakan ibu praja Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Nusantara. Kota yang berada di galur selatan Jawa Tengah ini memiliki berbagai macam julukan, mulai dibanding kota wisata, kota kripik, praja transit, kota pendidikan sampai kota pensiunan. Sebutannya yang terakhir menunjuk kepada banyaknya pejabat negara yang memilih menetap di kota ini setelah pensiun dari masa jabatannya.

Saat beruang di Purwokerto jangan lupa mengunjungi destinasi wisata Museum Bank Kaum Indonesia. Museum itu didirikan di Purwokerto karena bank BRI prima kali dibangun dan dikembangkan pada kota tersebut. Pendiri bank ialah Raden Bei Aria Wirjaatmadja anak daerah Purwokerto.

Selain itu, masih banyak tempat wisata yang menarik di Purwokerto. Selain tempat wisatanya, kuliner di Purwokerto juga sangat banyak. Berikut beberapa makanan khas Purwokerto yang sebaiknya kamu cicipi kala ke Purwokerto. Kuliner di Purwokerto ini disajikan dengan berbagai macam bahan yang mudah ditemukan dalam sekitar kita.

1. Kraca

Kuliner di Purwokerto bernama Kraca itu merupakan makanan yang terbilang istimewa dari Purwokerto. Kraca dibuat sejak keong sawah. Daging kenyal Keong diolah menjadi sate yang dibumbui dengan kuah gurih.

2. Kluban

Siapa yang belum tahu kluban? Nama makanan Purwokerto yang terdengar tradisional ini memang makanan yang istimewa. Kluban dibuat dari beberapa jenis sayuran yang dibumbui urap. Jenis-jenis sayuran untuk dibuat Kluban manasuka sesuai dengan selera penikmatnya.

Umumnya, sayuran yang dibuat Kluban adalah Daun bayam, daun kangkung, daun kenikir, tauge, kacang panjang dan yang lain. Semua itu dicampur dengan urap, yaitu sebuah sambal yang dibuat dari kelapa parut ditambah secara ulekan cabe dan garam. Agaknya gurih dan segar. Cocok jadi lauk juga.

3. Soto Sokaraja

Related posts